Kegiatan awal dibuka oleh moderator acara dan dilanjutkan dengan pegarahan Ka. LPMU ibu Yuniarti S.KM., M.Kes. Adapun beberapa catatan penting dari pengarahan tersebut yakni sosialisasi tentang E-Doc yang merupakan tempat pendokumentasian kebutuhan AMI prodi. E-doc dapat digunakan dan diakses dengan menggunakan akun yang telah dimiliki oleh seluruh dosen dan tendik di lingkungan Universitas Pekalongan. Kegiatan dilaksanakan dengan jangka waktu yang mendekati pelaksanaan kegiatan AMI.

Kegiatan tersebut diharapakan dapat memberikan stimulus kepada masing-masing program studi untuk mulai mengunggah dokumen persiapan AMI. Teknis pelaksanaan bimtek diantaranya dimulai dengan UPMF mengisi evaluasi diri dan auditor memberikan feedback berupa desk evaluation. Auditor melanjutkan hingga tahap visitasi. Setelah auditor melaksanakan visitasi, UPMF melanjutkan dengan mengisi RTL program studi. Harapan dari pelaksanaan bimtek: UPMF dapat menularkan informasi bagaimana pengisian E-SPMI kepada jajaran dosen di lingkungan fakultas masing-masing.

Setelah pengarahan dari Ka. LPMU selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan system dari Tim Puskom terkait sistem E-SPMI. Sistem E-SPMI dilengkapi dengan EWS -E-Doc sebagai daily routine activity -Share dokumen pada E-Doc bisa dibagikan dari level atas ke bawah. Contohnya: (1) Lembaga bisa share dokumen sampai prodi; (2)Sedangkan prodi hanya ke prodi masing-masing.  Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan simulasi yang dimulai dengan mengisi evaluasi diri hingga pada kegiatan pengisian Visitasi dan RTL.